Apa itu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Manfaatnya

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan tes yang berkaitan dengan kemampuan akademis atau keilmuan seseorang. Melalui Tes Potensi Akademik (TPA), pihak penyelenggara tes akan dapat mengukur kemampuan seseorang dalam bidang akademikserta pengetahuan umum yang kemudian akan dijadikan acuan untuk menentukan apakah orang tersebut sesuai dengan kriteria standar dalam rekrutmen karyawan pada perusahaan yang bersangkutan atau pun dalam penerimaan mahasiswa universitas tertentu.
Pada mulanya, Tes Potensi Akademik hanya di gunakan dalam tes penerimaan mahasiswa. Namun dewasa ini beberapa instansi, baik instansi pemerintahan, BUMN, maupun instansi-instansi swasta lainya, juga mulai menggunakan tes ini sebagai salah satu tes dalam perekrutan karyawannya. Di samping itu, Tes Potensi Akademik saat ini juga digunakan dalam promosi kenaikan jabatan atau pun pengajuan beasiswa.

Manfaat Tes Potensi Akademik (TPA)

Selain beberapa manfaat diatas, secara lebih detail, manfaat dari Tes Potensi Akademik (TPA), dapat dijabarkan sebagai berikut.
Apa itu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Manfaatnya, Definisi TPA, Manfaat TPA, Pengertian dari Test Potensi Akademik, TPA CPNS, TPA BUMN, TPA Universitas, Perguruan Tinggi

1. Mengukur Kemampuan Akademik Calon Mahasiswa

Pengetahuan terhadap kemampuan akademik dari calon mahasiswa dapat menjadi tolak ukur pihak universitas (penyelenggara tes) untuk menentukan apakah calon mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan bidang studi yang di pilihnya. Harapannya, mahasiswa yang belajar dalam bidang studi yang sesuai dengan kemampuan akademiknya akan lebih lancar dalam mengikuti proses perkuliahan. Dengan demikian, akan dihasilkan lulusan-lulusan yang potensial sesuai bidangnya masing-masing.

2. Mengukur Kemampuan Akademik Para Calon Pegawai Negeri Sipil

Pengetahuan terhadap kemampuan akademik dari para calon pegawai negeri sipil dapat menjadi tolak ukur dalam pemilihan calon PNS yang memenuhi standar penerimaan PNS. Para calon PNS tersebut kemudian akan ditempatkan di departemen maupun berbagai instansi pemerintahan lainnya sesuai dengan potensi akademik masing-masing. Dengan bekerja sesuai bidangnya, diharapkan akan memperlancar kinerja para abdi negara itu nantinya.

3. Mengukur Kemampuan Akademik Calon Karyawan BUMN atau Instansi Swasta lainnya

Hampir sama seperti pada poin nomor 2, tes potensi akademik dalam hal ini digunakan untuk mengetahui kemampuan akademik para calon karyawan, yang kemudian akan dijadikan acuan untuk memilih calon karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan. Dengan memilih karyawan yang benar-benar kompeten dan sesuai dengan standar perusahaan, harapannya kinerja dan operasional perusahaan akan berjalan lancar.

4. Mengukur Kemampuan Akademik Karyawan yang Akan Naik Jabatan

Umumnya, Tes Potensi Akademik digunakan dalam proses kenaikan jabatan setingkat manager pada sebuah perusahaan. Perusahaan perlu mengetahui potensi akademik dari karyawan yang sedang di promosikan untuk naik jabatan. Hal ini penting, sebab untuk posisi setingkat manager, seseorang perlu memiliki kualitas akademik dan pengetahuan umum yang memadai. Manager yang kapabel, akan berpengaruh pada kinerja karyawan lain yang dibawahnya, sehingga operasional perusahaan akan tetap berjalan lancar atau bahkan semakin berkembang.
Itulah gambaran umum mengenai Tes Potensi Akademik (TPA) dan manfaat yang dapat diperoleh dengan mengadakan tes tersebut.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Manfaatnya"

Posting Komentar