Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Perbendaharaan Kata

Tes perbendaharaan kata merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur ketelitian dan kecermatan seseorang dalam mengelempokkan kata. Secara teknis, dalam tes ini nantinya perserta tes akan diminta untuk mencari kata yang tidak termasuk ke dalam kelompok dari kata-kata yang disajikan. Oleh karena itu, penguasaan perbendaharaan kata yang baik akan sangat membantu Anda dalam menghadapi tes ini.

Lebih jauh tes ini sebenarnya dimaksudkan untuk melihat ketelitian, kecermatan, dan ketetapan berpikir seseorang dalam menggelompokkan sesuatu. Dalam dunia kerja, hal ini sangat penting. Kemampuan seseorang untuk dapat berpikir dengan cepat, tepat dan teliti dalam mengelompokkan sesuatu, akan membantunya dalam memilah-milah pekerjaan sehingga kerja akan lebih cepat dan efektif.
Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Perbendaharaan Kata, Tes Potensi Akademik Perbendaharaan Kata, TPA, Tes Verbal Perbendaharaan Kata, Tes Psikologi

Tips dan Trik Menyelesaikan Tes Perbendaharaan Kata

  1. Cermati setiap pilihan jawaban dengan seksama. Apabila diantara pilihan jawaban yang tersedia terdapat kata yang tidak Sobat pahami, beralihlah ke soal yang lain. Ingat, waktu Sobat terbatas, jadi jangan berkutat pada saut soal yang susah. 
  2. Apabila terdapat satu kata pada soal yang tidak Sobat pahami, coba cermati kata-kata lainnya yang tersedia. Jika kata-kata lain tersebut merupakan satu kelompok kata, maka bisa jadi kata yang tidak Sobat pahami tadi adalah jawabannya. 
  3. Jangan terkecoh dengan kata-kata yang berakhiran atau awalan yang sama. Sebab, belum tentu kata-kata tersebut merupakan satu kelompok. Bisa jadi hanay sebagai jebakan. 
  4. Sama seperti pada tes-tes yang lain, apabila Sobat pembaca soaltpamu.blogspot.com dapat menyiasatinya dengan memasukkan kata-kata tersebut ke dalam konteks kalimat. Kalimat dapat memudahkan Sobat untuk memperkirakan makna dari setiap kata, sehingga mudah pula untuk mengelompokkan kata-kata yang tersedia. 

Setelah mengetahui gambaran umum tes perbendaharaan kata dan tips serta trik cara mengerjakannya, untuk mempermudah Sobat memahaminya, kami sudah menyiapkan beberapa contoh soal TPA perbendaharan kata, yang disertai jawaban. Yuk langsung ke tkp.

Contoh Soal TPA Perbendaharaan Kata


1. A. Sedan
    B. Mangga
    C. Pisang
    D. Jambu
    E. Jeruk
Jawaban:
Untuk menjawab soal diatas Sobat harus mencari tahu terlebih dahulu kelompok kata yang dimaksud dalam soal. Pada pilihan jawaban B, C, D, dan E, terdapat kata mangga, pisang, jambu, dan jeruk. Keempatnya merupakan nama-nama buah. Sedangkan pilihan jawaban A (sedan) merupakan nama jenis mobil. Jadi, jawaban yang tepat adalah SEDAN (A).
2. A. Jasad
    B. Rohani
    C. Raga
    D. Tubuh
    E. Jasmani
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, C, D, dan E, terdapat kata jasad, raga, tubuh dan jasmani. Kata-kata tersebut memiliki makna yang sama, yaitu sesuatu yang bersifat badaniah. Sedangkan, pilihan jawaban B adalah rohaniah, tidak termasuk kedalam kelompok kata pada pilihan jawaban yang lainnya. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah ROHANIAH (B).
3. A. Wortel
    B. Bayam
    C. Tomat
    D. Kubis
    E. Nangka
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, B, C, dan D, terdapat kata wortel, bayam, tomat, dan kubis. Keempat kata tersebut merupakan jenis sayuran. Sedangkan nangka adalah jenis buah. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah NANGKA (E).
4. A. Mobil
    B. Pesawat
    C. Motor
    D. Bus
    E. Kereta Api
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, C, D, dan E, terdapat kata mobil, motor, bus dan kereta api. Keempatnya merupakan jenis-jenis alat transportasi darat. Sedangkan pesawat merupakan alat transportasi udara. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah PESAWAT (B).
5. A. Tahu
    B. Tempe
    C. Ikan
    D. Kacang
    E. Susu Kedelai
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, B, D, dan E, terdapat kata tahu, tempe, kacang, dan susu kedelai. Keempat kata tersebut merupakan kelompok bahan makanan yang mengandung protein nabati. Sedangkan ikan mengandung protein hewani. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah IKAN (C).
6. A. Biola
    B. Seruling
    C. Terompet
    D. Saksofon
    E. Harmonika
Jawaban:
Pada pilihan jawaban B, C, D, dan E, terdapa kata seruling, terompet, saksofon, harmonika. Keempat kata tadi merupakan alat-alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup. Sedangkan, biola merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah BIOLA (A).
7. A. Muhammad Hatta
    B. Habibie
    C. Jusuf Kalla
    D. Jokowi
    E. Boediono
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, B, C, dan E, terdapat nama Muhammad Hatta, Habibie, Jusuf Kalla, dan Boediono. Mereka merupakan tokoh-tokoh yang pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia. Sedangkan, Jokowi belum pernah menjadi wakil presiden Indonesia. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah JOKOWI (D).
8. A. Januari
    B. Februari
    C. Maret
    D. Mei
    E. Juli
Jawaban:
Pilihan jawaban A, C, D, dan E, terdapat nama-nama bulan, yaitu Januari, Maret, Mei, dan Juli. Keempat bulan tersebut memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari. Sedangkan jumlah hari pada bulan Februari adalah 28 hari atau 29 hari di tahun kabisat. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah FEBRUARI (B).
9. A. Meteor
    B. Mars
    C. Bumi
    D. Jupiter
    E. Saturnus
Jawaban:
Pilihan jawaban B, C, D, dan E, terdapat kata Mars, Bumi, Jupiter, dan Saturnus. Keempat kata tersebut merupakan nama-nama planet. Sedangkan pilihan jawaban A, yaitu Meteor, bukan merupakan planet. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah METEOR (A).
10. A. Serimpi
      B. Salsa
      C. Gambyong
      D. Saman
      E. Kecak
Jawaban:
Pada pilihan jawaban A, C, D, dan E, terdapat nama-nama tarian yaitu Serimpi, Gambyong, Saman dan Kecak. Keempatnya merupakan nama tarian tradisional dari Indonesia. Sedangkan Salsa merupakan nama tarian asal Spanyol. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah SALSA (B).
Bagaimana Sob, apakah sudah cukup jelas? Sobat bisa mencoba menjawab soal-soal diatas dan mencatat jawabannya dikertas, setelah terjawab semua, silahkan cocokkan jawaban Sobat dengan jawaban yang telah kami sediakan. Apakah sudah sama? hehe. Kedepannya soaltpamu.blogspot.com akan memberikan contoh-contoh soal TPA yang lain. Untuk itu jangan sampai ketinggalan update dari kami silahkan berlangganan, dengan cara memasukan email sobat di kolom submit dibawah artikel ini.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Kemampuan Verbal: Contoh Soal TPA Perbendaharaan Kata"

Posting Komentar